Saturday, December 17, 2011

JEKARDAH PART.2

Jekardah: I learnt so many things in 1 day! Fantasticoo!!!

Ada yang perlu di note untuk post kali ini,

Orang emang gak bakalan bisa bener2 ngerti sebelum merasakannya sendiri!
Malu bertanya sesat di jalan...
Ibukota emang lebih kejam dari ibu tiri!

Beneran, deh...
Beberapa kebodohan terjadi!

Kebodohan pertama: Salah Jalur!
*ngekek geli
Kebodohan kedua: Dikerjain calo!
*ngekek gondok
Kebodohan ketiga: Kalah gertak sama calo!
*ngekek frustasi


Hemmm....
Lagi ya, ORANG GAG BAKAL BENER2 NGERTI KALO GAK NGERASAIN SENDIRI itu benar adanya. Setelah lepas dari skripsi, trus ngelamar kerja a.k.a jadi pengangguran, ane dihadapkan pada satu pernyataan kalo ibukota itu lebih kejam daripada ibu tiri. Awalnya sih ya sebatas tahu. Tapi gak benar2 ngerti bagaimana faktanya atau rasanya. Kata orang sih, macetnya gak ketulungan, trus apa-apa jadi mahal (apalagi kalo tahu bukan orang jakarte), trus jangan tanya arah atau alamat sama orang, gak bakal dijawab atau parahnya dikibulin.

Pertama sih mikirnya, masak iya sih ada orang yang butuh bantuan gak ditolongin. Iya gag sih?
Nah setelah beberapa kali tanya2 orang, ane ketemu orang2 baik. Dan semakin menipislah pemikiran saya kalo jakarta itu kota keras!

Tapi semakin sore, luck-nya makin luntur. Ada aja yang terjadi... Tanya jalur ternyala salah! Ini kebodohan pertamanya, ane jadi muter2 pondok gede deh! Dengan maksud ke terminal kampung rambutan, karena stasiun kejauhan!

Nah disana langsung deh biasa dikerubutin sama calo2. Pikirnya halah palin kena charge 10 atau 20 doang kan. Lumayan drpd travel 200, naek bis mungkin gak nyampe 150. Dan kebodohan kedua pun terjadi. Dikasi harga 195! Bodohnya kenapa saya mau ya???
*tepok jidat

Dengan pikiran antara mending naek travel, duit guweeehh, sama males nunggu lama digangguin orang, akhernya ane deketin lagi embak agen sama calonya.

Ane   : Mbak bis nya masih lama?
Agen : Bentar lagi, mbak. (saat itu jam 5, kata yg lain bisnya dateng jam 6an)
Ane   : Mbak gak jadi aja, kelamaan ntar, mau ke rumah sodara aja!
Agen : Ohh gak bisa, mbak, udah di tiket in..
Ane   : Kok gak bisa, bis nya belum dateng ini. Pokoknya kalo 15 menit lagi gak dateng aku gag jadi mbak, ntar dipotong 20 gag papa.

Duduk cantik lagi deh disana. Trus gak beberapa lama, calonya nyamperin. “Ayo, mbak, kalo mau bis yang sekarang!” Ngikut deh sama si calo tadi.
Dan u know what! Itu bis ekonomi!!!
Ane   : Hloh Pak, kok ini?
Calo  : Mbaknya itu gimana sih, katanya mau sekarang?
Ane   : Tapi kan, tadi saya bayar mahal, kok nak ini?
Calo  : Lah mbaknya ini mau kemana, ke semarang ya ini...
Ane   : Uangnya tag ambil aja, Pak!
Calo  : Ya gak bisa mbak ini ud saya operin bla bla balaa.....

Ini adalah kebodohan ketiga. Aaaiiiissshhh..... malah dimarah2in si calo akhirnya! Dengan gondok, akhirnya tetep naik juga. Bener2 sebelllll..... Mending naek travel kalo gini lahhh.... Dan pas tanya penumpang lain berapa dia bayar,ternyata dia cuman bayar 85 sodara sodaraaaa.... OHMAIIII.... Abis ane keknya ada satu lagi orang yang dioper ke bis itu juga sama si calo. Pengen nyusul mau minta duitnya lagi sih, tapi jelas kalahnya. Gag ada yang nolongin TT.. padahal di bis itu paa sopir dan keneknya lagi ngobrol2, orang ane adu mulutnya di depan pintu persis. Dan ternyata malah ada yang lebih kaan lagi, ada embah2 gitu yang juga ditipu calo, jkt-cirebon disuruh bayar 125! Padahal biasanya cuma 40! Gilaaaaaakkk!!! Bener2 gak ikhlas!!! Gak ridhooo!!!! Jadi agak gimana gt kalo ke terminal..... hhmmpppttt!!!!

Travel oh travel.... yang nyaman.... travelnya bukan yang travel ngangkut TKI dari terminal 4 yee... dikerjain beneran ituuuu!!!!
*hammer

Haahhh....
Pas duduk di kursi kedua entah kenapa gak nyaman banget deket si ibu. Akhernya dengan alasan takut muntah, ane pindah aja ke depan, di bangku belakang sopir. Awalnya gag enak, karena sumpek. Kan ada 3 bangku. Nah ud ada yang nempatin tinggal yang tengah. Tapi daripada tambah gag nyaman akhernya duduklah ane di tengah2.

Pas udah jalan beberapa jam gitu, bisnya transit dulu. Nah pas mau berangkat lagi ini, sopirnya ganti, masih muda, tadi pas mau naik masnya ini salah satu yg lagi ngobrol. Keren sih, perlente, hahha.... putih gagah rambutnya dicat pirang... pakenya arloji sama cincin akikitu, hahah.... ditanyain deh...

Si Mas        : Tadi kok gak mau naik kenapa, mbak? Mbayarnya kemahalan?
Ane             : Iya mas,...
Si Mas        : Mbayar berapa tadi?
Ane             : 195..
Si Mas        : Waahh mahal banget mbak, emang calonya jahat2 disini,,,  bla bla....

Ahhaha, masnya so sweet.
Ramah.
Abis itu beberapa kali sih di jawil dan disuruh pindah buat duduk di depan dekat sopir yang kosong, sopir pertama sih tadi emang gag ngebolehin ada yang duduk disitu. Jadi males aja di depan, tohh lebih horor juga liak jalannya.

Jawilan pertama, ketawa trus bilang “gag disini aja”.
Jawilan kedua, mesem “gag usah”. Ples mbatin niat banget sih, jadi horor, satu  kali lagi dapet pisang deh!
Jawilan ketiga keempat. Krik krikk kriikkk.....

Dari perjalanan ini ane mau ngasih tahu beberapa hal deh,
1.     Kalo benar2 gak tau jalan, gag tau arah, mending naik travel aja. Biar mahal tapi lebih meyakinkan. Kalo memang niatnya pengalaman dan berpetualang ya silahkan... berani aja... dan cerdas sangat membantu!
2.     Kalo mau tanya ke orang, usahakan jangan tanya pada satu orang, biar kalo dikibulin langsung nyadar. Dan bertanya ke orang yang ahlinya lebih bagus. Misal ke sopir angkot, satpam.... malu bertanya, sesat beneran deh!
3.     Kalo mau naik bis, langsung ke agen, jangan pake calo. Atau mending nungguin bisnya di luar terminal aja. Pas jalur bis keluar. Disitu jga bakalan ditawarin naik kok!
4.     Kalo gag nyaman di bis, dan emang sedikit gag aman, apalagi ekonomi. Duduknya di depan aja. Trus kalo bisnya transit2, barang bawaan dibawa ya. Kalo bawa banyak bawaan, tas yang isinya barang2 penting dibawa. Biar gag ilang.
5.     Tambahan, kata temen, kalo makan di warung makan, usahain ngomongnya jangan jawir, ntar dimahalin.


Tuhhh kan mesti ngerasain sendiri beratnya hidup diluar comfort zone! Apalagi kota besar kek jekardah! Biar tahu mandiri, biar tahu macetnya kek gimana, biar lebih cerdas dan hati2....tentu buat pengalaman, buat pelajaran...
Sekian. Silahkan ditertawakan!

No comments:

Post a Comment