Tuesday, November 14, 2017

TRIP TO KL


Akhirnya, passport nya naik pesawat jugak with My Pink-Girin!

Hahaha… bikin Januari 2016, dan setaun kemudian baru jalan. Jadi ceritanya challenge diri sendiri buat nge-trip sendiri ke luar negeri. Anywhere sih sebenernya, tapi mau ke Singapore sendirian kok sharing is better. Padahal karena living cost nya mehong.

Dan eng ing eng, dapetlah promo JOG-KUL IDR 555.000.

Sebenernya mau nungguin temen yang udah janjian ke Singapore bareng dari taon kemaren, tapi si Embaknya lagi gak bisa. Eh dasar udah kepengen banget dan mumpung ada duit, hari Minggu tanggal 30 Jan tiba2 googling2 dan dapet Semarang – KL gak sampe sejuta buat PP. Ambil gak ya ambil gak ya!

Udah mantep bgt mau beli, dan senin nya dapet info promo Air Asia kok cuma 555 dari Jogja tapinya, lumayan banget kan itu. Mlipir ke Jogja bentar kan deket.
Pas tanya-tanya sama Mbaknya, kok ada yang buat week-end minggu itu juga sama minggu depan. Deuh, demi Dewaaaaa…. Kok mantep bener! Pengen dan dikasih murah, kenapa enggak, sama rumpun ini dan kurs nya cuma IDR 3.050 (Feb 2017) di money changer deket kantor.

Berangkat cuy! Beli 31 Jan buat jalan 3-5 Feb. Tsaaddeess!

Dapet tiket AA IDR 655.000 soalnya belinya cuma satu nambah seratus, kalo beli dua nambah 50 rb per orang, kalo 3 baru pake harga yang 555.

*tiket promo AA

Berangkat Jogja jan set 9, pulang Minggu pagi jam 6. Dan problem yang bikin bimbang adalah piye carane tekan Jogja! Pertamanya nyante soalnya temen dulu pernah pake travel 24 jam Semarang ke Jogja, terus googling juga masih ada info itu. Eh pas ditelp gak diangkat dan didatengin ternyata udah gulung tikar. Sedih….

Nyari daytrans, X trans, CR trans, sama travel2 lain. Paling pagi jam 3. Ambil deh!
Dari rumah kepagian nungguin di pom bensin dijemput travelnya hampir sejam sendiri, dipagi buta. Berteman walang kekek, apa deh!

Excited dan deg-degan berlebihnya udah dari Senin, pas hari H nya gak terlalu. Kebiasaan dari dulu, kalo mau kemana gitu excited di planning sama pas nungguin, pas hari H-nya biasa aja. Trus nanya ke diri sendiri ‘Are you sure you wanna go?’
Blaah!

Sampe jogja ternyata jam setengah 6. Waww, cepetnya…. Takut gak keburu nyampe bandaranya sirna. Rencana naik taksi apa gojek gitu dari Jombor karna minta turun di Jombor aja daripada di pool. Eh ada banyak spanduk kecil gitu kalo Gojek gak boleh angkut penumpang dari terminal. Yaudin naik trans aje, kan udah ada hahhaa… yang murah bok! Toh masih pagi ini kan yes…

Sampe bandara, fine fine aje dari scan-in barang, masuk imigresen (immigration kelesss…), distempel passport nya (yeay!) di scan barang lagi. Kebetulan juga udah web-checkin di web nya AA jadi gak perlu antri check in sama ngeprint boarding pass lagi.

Pesawatnya delay 45 menitan, lagi ada latian TNI AU gitu katanya. Sampai KLIA2 udah jam setengah 2 an waktu sana. Deg-degan abis pas masuk imigresennya, gak tau kenapa hebring sendiri ditanya macem-macem, direject, atau apa kek gitu. Hahhaa… Oya jalan dari turun pesawat sampe ke imigresennya jauh bingit, tapi masih walkable kok, hahahha….. Ngikutin arah aja, Imigresen/Ketibaan lurus gitu. Pas sampe tengah jalan gitu tulisan Imigresennya ilang, sempet bingung, tinggal tulisan Ketibaan muluk, yaudin kan kalo ketibaan kan kedatangan kan, intersensenel otomatis lewat imigrasi dulu. Ada deh jalan terus akhirnya. Sempet ketemu anak Jogja yang juga baru pertama ke LN, yaudin nyari bareng, sampe di imigresen waw ruame yes… trus dia bilang belum solat… solat jumat, jeng jeng jeng, baru nyadar ini jumat, untung ane kagak berbuntut… di depan.


Antri yang line Asean, gak tau biar ngapa, passport asing aja bisa keles. Karena si Aziz ini bawa bagasi kita pisah deh, lagian dia sama temen2 nya juga janjian diluar bandara, yaudin eike pamit.

Pas keluar langsung nyari tulisan OUT aja deh. Di scanning lagi trus di ujung gitu ada loket buat naik Express train KLIA2 – KL Sentral tapi mehong, 35 RM an. Naik skybus aja yang murah. Nyari lift belok kiri turun ke bawah dan nemu loketnya Aerobus ini, jam 14.30 berangkat, langsung deh beli 12 RM.

*turun aja ke lantai 1 untuk naik bis


Di bis ini sebelahan sama Joane, Singaporean yang tinggal di KL. Trus cerita cerita tentang lumpia, karimun jawa, Bali. Ternyata doi demen jalan juga sama suami dan pernah ke Semarang sama Karimun, dia bilang Karimun keren, seminggu disana. Trus diliatin foto2nya liburan terbaru ke Filipina. Mupeng mode ON.

*sama Joanne (ceilah...kucel amat wajah)
Hahaha, malah terus eike konsultasi itin an eke doi, dia bilang sudah OK. Sebenernya bingung antara mau ke Genting apa ke Melaka. Tapi pengen bgt kedua-duanya. Udah milih ke Melaka aja sih karena kalo ke Genting waktunya gak bakal cukup. Dia bilang juga gitu, pick one.

Sampe KL Sentral jam setengah 4, trus ditawarin Joane ke Batu Cave mau dianter, sama rumahnya cuma 10 menit. Kan eike pengen nyari bingung kan orangnye, pengen hebring di KL Sentral aja gitu. Lagian laper banget dan belum solat juga. Niatnya juga nitip tas di KL Sentral.

Pas dia lagi nelpon suaminya dan ane rempong mau nolak atau mau iyain gegara irit, eh ternyata suaminya gak bisa jemput, dia suruh naik kereta. Trus dia ajak bareng. Nah ane langsung bilang ‘It’s OK you can go first, I want to take prayer first, you can go first’ Dia mau anter tapi kan gak enak ye ditungguin trus ane bilang ‘No it’s OK for sure, I want to experience it. Hehhe’ SONGONG! Trus dia ketawa dan ngiyain, trus kita berpelukaaaan…. Oh so sweet!

Hahhaha…  nyarilah tempat makan, banyak sebenrnya, trus ane  masuk masuk gitu nemu yang jual india he indiahe, makan disitu pesen nasi kandar sama milo ais. Rasanya nasi kandar mirip nasi padang, pesen milo soalnya penasaran katanya lebih enak, coklatnya lebih krasa. Ehm…. Enakan dikit sih, cuma kalo milo di indonesia dibanyakin takerannya sampe kentel gitu juga udah enaaaakkk banget. Apalagi waktu SD sering ada mobil2 milo ngasih secup2 kecil gitu. ITU ENAAAAKK banget! Kentel! Jadi pengen SD lagi. #LAAAH

*nasi kandar and milo ais

Abis makan, pas nyari tempat solat eh liat baggage storage/locker nya. Range harganya 10-15-20 RM tergantung segede apa lokernya, kok sayang ya dipikir-pikir. Gak berat-berat banget sih tasnya (belum lebih tepatnya). Pupusin aja deh nyimpen tas.

Nanya konter informasi dimana beli touch and go card, sama staff nya disuruh beli di mynews.com bukan web pemirsaaahh… semacam sevel/indomaret gitu.

Harga kartunya 10,6 RM, minta top up balance 10 RM. Dan perjalanan dimulai. Menurut itin hasil browsingan ke Batu Cave naik KTM. Oya KL sentral ini gede bgt, trus ada LRT sama KTM nya juga. Banyak petunjuk kok dan tulisannya juga gede-gede. Nemu tulisan KTM batu cave line. Oya tanpa beli kartu bisa kok…  harga tiket/token Cuma 1-2 RM aja sekali jalan. Banyak tiket box/machine nya gitu ditiap station sebelum masuk LRT/KTM. Tapi ambil gampangnya aja deh daripada antri trus bingung face to face sama mesin terus tiap mau naik. Pake touch and go card tinggal tap, nunggu beep-bep, sama warna merah jadi ijo, tinggal masuk deh.

Jam 5 nyampe Batu Cave trus jalan jalan sama foto2 deh. Dari KTM stesen (ceilah stesen) keluar langsung kawasan Batu Cave kok. Tapi pas sampe sana bingung sendiri kok gak kek yang difoto-foto ya, ternyata ada beberapa goa. Dan yang deket goa ini berbayar, 5 RM gitu, tapi dalemnya bagus kok. Serius! Naik tangganya capek sih tapi sepi. Jadi selfi terus deh.

*di goa yang pertama, deket banget pas keluar KTM
Pas keluar nanya ke mba mba tiketingnya ada 3 entrance ternyata, Ai jalan terus dan nemu yang ini deh….

Naik lagi pemirsaaaahhh, paha beibih sudah nyut2an.  Kepalang tanggung lah, naik je…. Tapi pas sampe mulut gua batalin niat buat masuk, bagusan yang goa pertama. Trus disini lebih rame jugak… banyak yang lagi ibandah, kek yang di Chennai Express itu, pernah nonton gak? Yang naik tangga mesti gendong istri. Bukan itu sih yang tak liat, ada yang bawa abu gitu keknya, trus naiknya gak jalan tapi jongkok…. Have some faith, people! You can do it up to the top!

Trus turun lah eike, maintain tolong foto di depan patung sama sempet nge-boomerang sih cuma kurang sip dikit. Masnya baik bgt hahha… Liat jam udah mau jam 7.

*depan the famous Batu Cave
Balik ke KTM stesen ke KL Sentral, pindah jalur naik LRT ke KLCC. Yang ternyata rutenya KL Sentral – Pasar Seni – Masjid Jamek – Dan Wangi – Kampung Baru – KLCC, jadi kan bejo banget gak nitip tas di KL Sentral karena pulangnya lewat Pasar Seni dulu soalnya nginepnya dideket stesen Pasar Seni.

Sampe pintu keluar LRT langsung Suriah KLCC ternyata. Mall gitu…. Di catetan eike, taman nya (tempat ambil spot bagus twin tower) ada di belakang mall. Ai pikir masuk aja kali ya paling pol, eh ternyata gede banget, wkwkw aus beli slurpee dulu di sevel dalem mall, trus cari-cari jalan keluar aja. Pas muterin ternyata samping mall, tau gitu tadi diputerin lewat luar aja -___-


Puas foto2, tapi gak liat fountain shownya di taman karena udah mau jam 8 aja… Oya di KL mulai gelap jam 7 – set 8an… tapi mau ngejar blanja ke Petaling sama central market sebenernya (tutup jam 10 malam). Cepet-cepet deh.

Turun tangga ke stesen LRT nya depan mall Suriah KLCC trus naik LRT Platform 1 nya ke pasar Seni. Nyari hotel yang udah di booking sebelumnya via traveloka. Jalannya di Petaling Street which is di dalemnya Chinatown dan udah rame banget yang jualan sama yang pada beli. Hotelnya Chinatown 2, keluar pintu langsung yang jualan. Enak wes pokonya! Check in jam 9nan niatnya mau lgsg keluar belanja, tapi lemak di badan gak bisa boong, uda capek.

Sama mba nya resepsionis dibilang jangan aja, kan sendirian udah malem, Ih perhatian…. #terharu
Gampang banget terharu nya sih cuy cuy..

Tapi mikir baru jam segini ke depan2 ajalah…. Gak jadi ke Pasar Seni (Central Marketnya). Udah ke kamar, nyenderin badan bentar, trus keluar. Dasar nya males nawar, dan ternyata gak tertarik juga beli di lapak-lapak nya, akhirnya mlipir di toko2 bangunannya. Yang harganya fixed price. Pernah baca juga diblog orang, ingetnya gara-gara yang jaga oppa-oppa wajah korea cakep. Hahahha… itungannnya udah murah sih, mau beli coklatnya situ 3 65 RM, besk aja lah liat dulua di Central market kalo ternyata mahal besok balik kesini.

Dapet tas 2 sama beli gantungan kunci, so typicaall…

Balik ke hotel jam 10 langsung mandi, solat, tepar sambil nonton TV drama korea Cinderella and 7 knight, udah nonton sih tapi gak ada tontonan lain soalnya. Mandi terus tidurrr...

Oya ini penampakan hostelnya ya, buat satu orang, udah mayan banget sih menurutku, kamar mandinya juga bersih, spring bed single, ada TV walau gak TV kabel banyak yang semut doang isinya, tapi masih nyangkut 1-2 channel.

     
*Hotel Chinnatown 2

Nah hari kedua ke Malaka, certain gak ya? Hahah… baru sadar ini jalan udah Februari, baru kebuka lagi dan mau post November, trus ternyata pas mau ke Malaka nya belum ketulis hahah…. Lupa lupa ingat deh…

Rincian biaya 3 hari 2 malam di KL sebagai berikut ya, terlepas dari biaya pesawat dan hotel yang udah dibayar di Indonesia sih, cuma nuker ringgit 1 jutaan gak ada, 300 RM kalo gak salah. Itupun abis banyak di oleh2 aja, dan gak sering makan sih, I mean gak yang 3 kali sehari gitu, maklum tipe tipe orang yang makan kalo laper aja sih.

Tiket pesawat PP Jog – Kul IDR 655.000
Hotel Chinatown 2 IDR 183.118
Travel Dytrans IDR 80.000
Bis Nusantara IDR 45.000
Trans Jogja Jombor - Bandara PP IDR 7000
Sky Bus KLIA2-KL Sentral 12RM
Makan Nasi kandar 12 RM
Beli Touch and Go Card 10.6 RM
Top up 10 RM
Batu Cave 5 RM
Beli air di Batu Cave 1 RM
Beli Slurpee di Sevel 5 RM
Belanja di 711 (2 roti 2 minuman) 6 RM
Tiket Bis Mayangsari TBS ke Melaka Sentral 11 RM
Tiket Bis Transnasional Melaka Sentral ke KLIA2 26 RM
Tiket Panorama bus no 17 4 RM (PP)
Beli minum 3.5 RM
Beli es air kelapa di Melaka 3 RM
Makan di terminal Melaka Sentral 10 RM
Beli Air minum di MS 3 RM
Belanja di Petaling 26 RM
Belanja di Central market 150 RM



See you again!
Ciaoo!

No comments:

Post a Comment